Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Terbaik Mengatasi Pesan di Android Bermasalah 'EROR'

Apakah ponsel Android Anda terus mengganggu Anda dengan kesalahan 'Sayangnya, Pesan telah berhenti'? Banyak pengguna telah mengalami masalah yang sama untuk aplikasi Pesan Android mereka. Ketika mereka membuka aplikasi, itu berhenti tiba-tiba keluar dan tidak merespon.


Bayangkan Anda harus mengirim teks yang mendesak, dan aplikasi Pesan berhenti berfungsi. Menutup aplikasi dan membukanya kembali tidak memperbaiki masalah karena aplikasi berhenti lagi.

Apakah ini berarti Anda tidak dapat mengirim SMS lagi dari ponsel Anda? Nggak. Karena ada beberapa cara yang telah terbukti berhasil mengatasi masalah ini.

Jadi berhentilah khawatir dan mari kita cari tahu solusinya.

1. MULAI ULANG TELEPON

Mulai proses pemecahan masalah dengan me-restart telepon Anda. Kadang-kadang, ini adalah masalah kecil, dan reboot sederhana akan mengembalikan aplikasi ke kondisi semula.

2. HAPUS PESAN LAMA

Masalah mogok aplikasi Messages kebanyakan terjadi karena salah satu utas pesan Anda terlalu panjang atau Anda memiliki banyak sekali pesan. Jadi, Anda perlu menghapus pesan-pesan lama. Mulai dengan memeriksa utas pesan. Jika memiliki obrolan dengan jumlah ratusan pesan, maka hapus. Namun, jika tidak ada utas tertentu, Anda perlu menghapus beberapa pesan.

Untuk itu, tahan utas pesan apa pun. Kemudian ketuk utas obrolan lain yang ingin Anda hapus. dan, tekan ikon Delete di bagian atas.

3. BERIKAN IZIN YANG DIPERLUKAN

Aplikasi tidak akan berfungsi jika tidak memiliki izin yang diperlukan . Aplikasi Pesan membutuhkan akses ke penyimpanan, SMS, kontak, dan telepon agar berfungsi dengan baik. Jadi pastikan izin ini diizinkan untuk menghindari penutupan aplikasi yang tidak terduga.

Untuk memeriksanya, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada ponsel Anda dan pergi ke Aplikasi dan pemberitahuan atau Aplikasi yang diinstal.

Langkah 2: Ketuk Pesan di bawah Semua Aplikasi. Lalu ketuk Izin.

Langkah 3: Ketuk nama izin yang diperlukan dan pilih Boleh.

Atau, tahan ikon aplikasi di layar beranda atau laci aplikasi, lalu ketuk ikon info aplikasi. Anda akan dibawa ke layar di mana Anda dapat langsung mengetuk Izin.

4. BERSIHKAN CACHE DAN DATA APLIKASI PESAN

Obat kuno untuk memperbaiki masalah pada ponsel Android mungkin juga akan menyelamatkan Anda untuk Pesan. Anda perlu menghapus cache untuk aplikasi Pesan. Menghapus cache tidak akan menghapus pesan Anda atau data apa pun dari ponsel Anda. Ini hanya menghapus file sementara.

Untuk menghapus cache, ikuti langkah 1 dan 2 dari metode di atas. Yaitu, masuk ke Pengaturan> Aplikasi dan pemberitahuan. Ketuk Penyimpanan. Tekan tombol Hapus cache.

Kemudian restart ponsel Anda. Buka kembali aplikasi. Semoga itu akan bekerja secara normal. Namun, jika masalah ini berlanjut, Anda harus mencoba menghapus data juga. Untuk itu, ketuk Hapus penyimpanan atau data, bukan tombol Hapus cache. Menghapus data tidak akan menghapus pesan Anda.

5. PERBARUI APLIKASI

Aplikasi apa pun cenderung memiliki bug. Hal yang sama terjadi pada aplikasi Pesan. Sering kali, masalahnya ada di aplikasi itu sendiri. Pengembang Google selali cepat untuk memperbaiki masalah ini, jadi Anda perlu memperbaruinya. Untuk itu, buka Play Store dan cari Pesan. Ketuk aplikasi dari Google dan tekan tombol Perbarui.

6. HAPUS INSTALASI APLIKASI

Mirip dengan memperbarui aplikasi, kadang-kadang kembali juga memperbaiki aplikasi tidak merespons masalah. Artinya, Anda harus menghapus instalasi pembaruan untuk aplikasi Pesan. Karena Pesan adalah aplikasi prainstal pada sebagian besar ponsel Android, itu tidak dapat dihapus. Namun, Anda dapat mengembalikannya ke versi pabrik, yang menghapus semua pembaruan terkini.

Untuk itu, buka Pesan di Pengaturan telepon> Aplikasi dan pemberitahuan. Ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih Copot pemasangan pembaruan.

Atau, cari Pesan dari Google di Play Store dan tekan tombol Uninstall.
Menghapus instalan pembaruan untuk aplikasi Pesan tidak akan menghapus pesan teks atau data apa pun dari ponsel Anda.

7. JADIKAN PESAN SEBAGAI APLIKASI DEFAULT ANDA

Apakah beberapa aplikasi perpesanan lain seperti Facebook Messenger atau Truecaller aplikasi perpesanan default Anda ? Jika ya, buat Pesan sebagai aplikasi default Anda.

Untuk itu, buka Pengaturan di ponsel Anda dan buka Aplikasi dan pemberitahuan atau Aplikasi. Ketuk pada aplikasi Default (bisa di bawah Advanced). Jika tidak terlihat, ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih Aplikasi default. Ketuk SMS atau aplikasi Pesan dan pilih Pesan.

8. BOOTING SAFE MODE

Terkadang, masalah mogok bisa muncul karena gangguan dari aplikasi pihak ketiga. Apakah Anda baru saja menginstal aplikasi apa pun? Jika ya, coba hapus instalannya dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

Jika Anda tidak yakin, jangan khawatir. Anda dapat memverifikasi apakah masalah ini disebabkan oleh pihak ketiga dengan mem-boot dalam mode aman . Saat Anda dalam mode aman, aplikasi pihak ketiga tidak berfungsi. Jadi ini cara mudah untuk mengidentifikasi apakah aplikasi pihak ketiga bertanggung jawab atau tidak. Setelah Anda kembali ke mode biasa, aplikasi akan bekerja secara normal.

Ada dua metode untuk boot dalam safe mode. Tahan tombol daya. Anda akan melihat opsi daya. Tahan teks Power hingga muncul pop-up yang meminta Anda untuk mengkonfirmasi booting dalam safe mode. Ketuk pada Ok.

Atau, matikan telepon Anda. Tahan tombol daya untuk menyalakannya. Terus pegang sampai Anda melihat logo pabrikan. Kemudian tinggalkan tombol power dan tahan tombol volume bawah. Anda akan dibawa ke mode aman. Biarkan tombol volume turun. Coba gunakan aplikasi dalam mode aman.

9. ATUR ULANG PREFERENSI APLIKASI

Hal lain yang harus dicoba adalah mengatur ulang preferensi aplikasi . Melakukannya tidak akan menghapus data apa pun dari ponsel Anda. Ini hanya akan mengembalikan semua pengaturan pada ponsel Anda ke nilai standarnya.

Untuk mengatur ulang preferensi aplikasi, buka Pengaturan> Aplikasi dan pemberitahuan. Di bawah opsi Semua aplikasi, ketuk ikon tiga titik. Pilih Reset preferensi aplikasi dari menu, konfirmasi pilihan, dan restart ponsel Anda.

TIDAK ADA APLIKASI PESAN YANG SEMPURNA

Semoga aplikasi Pesan akan berfungsi dengan baik pada saat Anda tiba di sini. Dalam hal, aplikasi ini masih mengganggu Anda, cobalah beralih ke aplikasi pesan pihak ketiga untuk sementara waktu. Anda dapat mencoba aplikasi seperti Textra , Pulse , dan Microsoft SMS Organizer, dll.