Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Latihan Kecepatan dan Cara Melakukannya

Latihan kecepatan adalah kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu yang relative singkat dan cepat.

Maka pengertia melatih kecepatan adalah "Melatih kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu yang relative singkat dan cepat".

Kecepatan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, terutama para seorang olahragawan.

Kecepatan dapat dihitung dengan mengetahui selisih waktu gerak dimulai dan waktu gerak diakhiri.

Untuk berlatih kecepatan dimulai dari seluruh bagian tubuh dengan melakukan berbagai macam latihan dan Sebelum latihan lebih baik untuk melakukan pemanasan dan perenggangan otot-otot kaki terlebih dahulu.

Dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya cidera saat latihan. Berikut 3 macam-macam bentuk pembelajaran kecepatan dan cara melakukannya.

B. Macam Bentuk Pembelajaran Kecepatan dan Cara Melakukannya

melatih kecepatan ini dibagi menjadi 3 yaitu :

1. Latih Kecepatan Dengan Lari Sprint

Lari Sprint adalah olahraga lari yang mengutamakan waktu yang singkat dengan jarak yang dekat. Maka dari itu lari sprint bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kecepatan. Untuk melatih kecepatan dengan cara lari sprint, dengan cara :
  1. Cek kondisi dan kemampuan.
  2. Lari sprint dalam jarak dekat.
  3. Setiap melakukan lari sprint, catat rekor waktu.
  4. Bandingkan rekor waktu lari yang pertama dan kedua.
  5. Lakukan latihan lari sprint ini 2 (dua) kali dalam seminggu.
Baca Juga : Teknik Dasar Tolak Peluru

2. Latih Kecepatan Dengan Plyometric

Plyometric adalah latihan gerak dengan lompatan dari titik berdiri ke titik lain yang lebih tinggi. melatih kecepatan dengan Plyometric juga dapat membuat otot kaki lebih kuat. Untuk melatih kecepatan dengan Plyometric yaitu dengan cara :
  1. Cek kondisi dan kemampuan.
  2. Lakukan latihan ini ditempat yang berundak atau bisa dilakukan di tangga.
  3. Lakukan latihan Plyometric secara rutin, agar hasilnya maksimal.

3. Latih Kecepatan Dengan Split Squat Jump

Latihan ini adalah latihan gabungan dari split dan Squat Jump. Latihan ini bisa jadikan latihan alternatif selain diatasi tadi, dan juga latihan ini bisa dilakukan didalam rumah. Untuk melatih kecepatan dengan Split Squat Jump yaitu dengan cara :
  1. Cek kondisi dan kemampuan.
  2. Posisi awal seperti akan melakukan squat namun kaki dibuka lebih lebar.
  3. Kemudian lakukanlah squat sambil melakukan lompatan.
  4. Lakukan latihan ini 30 (tiga puluh) kali setiap latihanya.

Dimikian Artikel Latihan Kecepatan dan Cara Melakukannya. Jika ada kesalahan kami dalam penulisan Artikel melatih Kecepatan dan Cara Melakukannya. Silahkan kirimkan masukannya melalui halaman Kontak, atau melalui kolom Komentar, terimakasih.