Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Tolak Peluru Update Terbaru Tahun Ini

Teknik Dasar Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan salah satu jenis olahraga atletik yang sering dipertandingkan dalam laga olahraga nasional maupun internasional. Olahraga tolak peluru merupakan permainan dengan penolakkan peluru sejauh mungkin untuk mendapatkan hasil lemparan sejauh-jauhnya. Untuk memainkan olahraga tolak peluru yang baik dan benar, memerlukan teknik-teknik dasar. Teknik dasar tolak peluru ini dibagi menjadi 4 yaitu :

  • Teknik Dasar Memegang Peluru Dalam Permainan Tolak Peluru

  1. Letakkan peluru di telapak tangan bagian atas saat tangan menengadah atau bisa juga di bagian ujung telapak tangan yang terdekat dari jari-jari tangan.
  2. Renggangkan genggaman jari tangan pada bagian jari tengah, manis dan jari telunjuk agar dapat menahan dan memegang bagian belakang peluru.
  3. Posisikan ibu jari dan jari kelingking sebagai pemegang atau penahan peluru di bagian samping. Posisi ini bertujuan agar peluru tidak tergelincir ke arah luar atau ke dalam.

  • Teknik Meletakkan Peluru Dalam Permainan Tolak Peluru

  1. Berdiri dengan posisi kaki kanan diletakkan di bagian depan batas belakang lingkaran, sedangkan kaki kiri berada di sisi sebelah kiri dengan lebar sepanjang lebar tubuh dan satu garis lurus dengan arah lemparan.
  2. Pegang peluru menggunakan tangan kanan dengan pegangan yang tepat.
  3. Perletakkan peluru dapat ditata dengan baik oleh tangan yang memegang peluru.
  4. Tempatkan peluru di antara batas leher dengan pundak, atau di posisi bagian bawah telinga. Saat membuka, rentangkan lengan segaris dengan bahu.
  5. Tekuk sedikit lengan kiri di bagian muka dada.
  6. Rilekskan kaki kiri dan posisikan menapak di bagian ujung kaki.

  • Teknik Awalan Dalam Permainan Tolak Peluru

  1. Letakkan kaki kanan di depan dan posisikan kaki kiri di sebelah kiri dan jarak di antaranya selebar bahu dan segaris dengan arah lemparan
  2. Pegang peluru dengan menggunakan tangan kanan dan letakkan di antara batas leher dan tepat di bawah telinga atau di atas bahu. Sementara itu, posisikan lengan kiri menekuk sedikit tepat di depan dada.
  3. Tumpuan berat badan berada di kaki kanan dan badan dibungkukkan dengan sedikit dicondongkan ke arah kanan. Setelah itu mulai mengayunkan kaki kiri ke depan dan belakang.
  4. Setelah mengayunkan kaki kiri sebagai gerakan awalan, maka gerakan lanjutan adalah dengan menekuk kaki kanan lebih rendah daripada kaki kiri.
  5. Saat melakukan ayunan, kaki kiri dapat diletakkan di bagian belakang, lalu diayunkan ke arah kiri atau ke arah lemparan dilakukan. Setelah itu lakukan pendaratan secepatnya dan diiringi dengan gerakan tolakkan kaki kanan ke arah tujuan lemparan.
  6. Terakhir adalah melakukan gerakan pendaratan. Dengan melakukan pendaratan menggunakan kaki kanan maka tubuh sebaiknya dicondongkan ke arah kanan.

  • Teknik Menolak Peluru Dalam Permainan Tolak Peluru

  1. Siku ditarik serong ke belakang bersamaan dengan perputaran tubuh ke arah tolakan.
  2. Selain itu dorong pinggang dan pinggul sedikit ke arah depan dengan dada terbuka mengarah ke tolakan atau serong ke atas.
  3. Pandangan menuju ke arah tolakan dengan dagu terangkat.
  4. Saat dada atau seluruh badan mengarah tolakan, peluru dapat sesegera mungkin ditolakkan sekuat tenaga ke arah depan atas atau arah tolakan.
  5. Di saat yang sama, dapat dilakukkan tolakan kaki kanan dan seluruh tubuh dilonjakkan ke atas menyerong ke depan.

Dimikian Artikel Teknik Dasar Tolak Peluru. Jika ada kesalahan kami dalam penulisan Artikel di atas, Silahkan kirimkan masukkan kepada kami melalui halaman Kontak, atau melalui kolom Komentar, terimakasih.